Oleh: pitonosmkteladanpukat | 21 Januari 2011

bersyukur

Mensyukuri Kesehatan
Januari 21, 2011 //
0

Satu nikmat yang seringkali terlupakan adalah sehat. Nikmat yang begitu besar ini baru terasa saat didera sakit. Namun sudahkah saya mensyukuri nikmat ini?

Alhamdulillah, saya tak tertarik untuk merokok. Keluarga juga tak merokok. Jadi, hilang sudah satu penyebab.

Saat sebelum tidur, saya masih sering malas sikat gigi. Hadoh, gimana sih. Sudah besar begini masih suka malas sikat gigi. Habis saat sudah sampai rumah, sudah makan, sudah sholat, yang ada tinggal ngantuk. Sudah malas mau jalan ke kamar mandi. Akibatnya pas bangun pagi-pagi, mulut terasa tidak enak. Salah sendiri.

Lalu, cara lain mensyukuri kesehatan adalah dengan menjaga makanan. Untuk makanan saya masih setengah-setengah. Kadang bisa disiplin, kadang gak. Bisa sehari makan karbohidrat terus. Sehari lain lagi makan daging tanpa makan sayur. Hari lain lagi tidak sarapan, entah karena bangun kesiangan atau pengen sarapan di kantor. Tadi pagi rencana sarapan bubur di dekat kantor tapi harus batal karena tiba-tiba hujan deras turun.

Cara lainnya lagi adalah dengan berolahraga. Bangun pagi juga termasuk. Keduanya masih susah saya lakukan. Olahraga angin-anginan. Kadang bisa rutin, kadang lainnya malas. Dulu waktu istri hamil justru lebih disiplin. Menemani istri berenang. Ok, minggu kemarin sudah ada kemajuan dengan lari di ragunan. Bangun pagi. Usai sholat subuh, kayaknya paling enak tidur lagi. Hadoh, gimana ini. Bagusnya mulai beraktivitas. Entah ngucek popok, nyetrika, ngelap mobil, atau apa kek. Bagus lagi kalau ngaji dulu.

Menjaga mata, juga termasuk mensyukuri kesehatan. Baca sambil tidur, (katanya?) membuat mata harus berkonsentrasi lebih kuat. Akibatnya otot mata jadi lebih cepat lelah. Bagusnya baca sambil duduk, dengan cahaya terang. Kalau saya, di hari kerja biasa baca buku saat berdiri atau duduk di transjakarta. Hihihi…. Baru di akhir pekan bisa baca duduk di sofa.

* Share this:
*


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: