Oleh: pitonosmkteladanpukat | 8 Februari 2012

berita guru

Medan, 7/2 (ANTARA) – Sedikitnya 23.723 tenaga pendidik di Sumatera Utara akan mengikuti uji kompetensi guru yang merupakan salah satu syarat sebelum mengikuti program sertifikasi guru untuk tahun 2012.

Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Utara Sumut Bambang Winarji di Medan, Selasa, mengatakan sampai saat ini sudah terdata sebanyak 23.723 peserta di daerah itu yang akan mengikuti uji kompetensi guru.

“Jumlah tersebut masing-masing terdiri dari 22.824 guru yang sudah melengkapi berkas pendaftaran dan peserta tambahan guru yang tidak Lulus Pendidikan Latihan Profesi Guru (LPMP) tahun 2011 sebanyak 899 orang,” katanya.

Ia mengatakan, pelaksanaan uji kompetensi merupakan tahapan ujian awal terhadap guru yag akan ikut program sertifikasi yang mulai diberlakukan pada tahun 2012 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional (Kemendikbudnas).

“Dalam pelaksanaannya, uji kompetensi tersebut melibatkan, LPMP, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan sekolah. Pelaksanaan uji kompetensi akan digelar secara serentak se- Indonesia pada 25 Februari 2012,” katanya.

Sebelumnya, sedikitnya 8.262 guru yang tergabung dalam Gabungan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (GP Tendik) Sumut meminta kepada Dinas Pendidikan di daerah itu agar merekomendasikan guru-guru yang tidak lulus PLPG dapat ikut program sertifikasi 2012.

Kadisdik Sumut Syaiful Syafri sendiri berjanji akan menyampaikan permintaan tersebut ke Mendikbud, dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan Unimed dan LPMP Sumut.

“Namun tentunya semuanya tergantung pusat. Ini baru pertama kali terjadi dalam menyampaikan rekomendasi serta usulan ke pusat bagi guru yang tidak lulus PLPG agar diprioritaskan mengikuti ujian PLPG pada 2012,” katanya.

Ia berharap, rekomendasi yang disampikan ke pusat melalui surat itu dapat ditanggapi oleh Kemendikbud sehingga bisa memberikan kesempatan bagi ribuan guru di Sumut agar bisa mengikuti program PLPG 2012 untuk mendapatkan sertifikasi.

“Kita berharap surat permohonan yang kita sampaikan segera ditanggapi pusat demi kelangsungan para guru,” katanya.***3***

(T.KR-JRD/B/M034/M034)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: